Oleh: ahmadnurihsan | Mei 3, 2012

pemrograman jaringan

LANGKAH mencari IP dengan menggunakan perintah ‘getIP’.

Pada kesempatan kali ini, kita akan mencoba membuat jaringan komputer dengan menggunakan bahasa pemrograman java. untuk menjalankannya, dibutuhkan program command prompt untuk mengetahui apakah program ini bisa berjalan atau tidak.

langkah pertama adalah mencari alamat IP dari komputer dengan menggunakan program java.
caranya untuk mendapatkan alamat IP seperti gambar dibawah ini adalah: buka dahulu command prompt windows pada layar, setelah itu masukkan perintah menuju kedalam disk dimana kita menyimpan program java yang berisikan ekstensi .java dan .class. pada contoh kali ini drive yang digunakan berasal dari drive d:. lalu apabila telah masuk kedalam folder yang berisikan program java, langkah selanjutnya adalah meng-kompile program tersebut dengan perintah –> ‘javac getIP. java’ dan menjalankannya dengan perintah –> ‘java getIP’. jika berhasil maka akan keluar tampilan IP dari komputer lain.

 

Langkah mengetahui username dengan menggunakan perintah ‘GETNAME’ pada command prompt.

Langkah selanjutnya ini dapat dilihat juga pada tampilan command prompt dibawah ini:

langkah berikutnya ini hampir sama dengan sebelumnya yaitu dengan mengkompile pada bagian sumber kode untuk dicari hasilnya. pada bagian kali ini nama program yang dikompile menggunakan nama getName. dimana artinya jika program dikompile dan dirunning dengan menggunakan nama getName untuk mengetahui hasilnya. jika sudah berhasil maka akan tampil tulisan nama komputer yang sedan kita pakai.

 

Menggunakan fungsi IPtoName.

Langkah selanjutnya adalah menggunakan perintah program berupa IPtoName, dimana perintah ini untuk mengetahui user name pada komputer melalui IP addressnya. langkahnya dapat terlihat dibawah ini:


Tinggalkan komentar

Kategori